Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Alhamdulillah, pada postingan kali ini berkesempatan untuk kembali berbagi bersama teman-teman, yang semoga bermanfaat. Jika pada tulisan sebelumnya kita sudah mempelajari tentang konsep dasar tentang VOIP dan beberapa distribusi Linux yang dikembangkan khusus untuk membangun infrastruktur VOIP yang terdiri dari Briker
Sebelum kita memulai penginstalan akan saya jelaskan dulu apa itu VOIP dan BRIKER .

  • Pengertian VoIP ( Voice over Internet Protocol )
Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.
  • Briker 
Briker yaitu perangkat lunak untuk menjadikan komputer sebagai sentral telepon. aplikasi ini memudahkan komunikasi yang dibangun dengan basis open source. Briker dapat membuat server VoIP sendiri agar tercipta komunikasi dengan biaya hemat, selain itu Briker juga mendukung penuh terhadap voice dan video conference, sehingga kita bisa melakukan conference dengan membuat room sendiri untuk conference, salah satu yang menarik lagi dari Briker adalah dapat menciptakan LCR (Least Cost Routing). Begitulah Pengertian yang saya dapatkan , oke sekarang kita lanjut.
  1. pertama" kita ke Penginstallan Disni saya menggunakan Briker 1.4 dan saya menginstalnya dengan bantuan virtual Box . Pertama Akan muncul seperti di bawah ini , kita pilih no 3 untuk menginstall dengan mode GUI , atau pilih no 6 untuk Mode CLI , ikuti instruksi setiap instruksinya hingga proses instalasi selesai.
 
Video Tutorialnya Klick Disini

Untuk Konfigurasinya Klick Disini

Posting Komentar

 
Top