Oke Sekarang kita masuk tahap konfigurasi
  1. Pertama-tama keta login masukan user : support , dan password : Briker (B nya huruf besar)
  2.  Lalu kita harus menjadi root atau admin untuk mengkonfigurasi , ketik " su - " tanpa tanda petik lalu ketik "setup"
  3. Lalu akan tampil seperti di bawah ini , dan pilih " Network Configuration " .
  4. Setelah itu, pilih Device Configuration untuk konfigurasi Device pada Briker.
     
  5. Selanjutnya kita akan mengkonfigurasi network PC yang kita gunakan. contoh " eth0"
  6.  Pada menu ini, kita akan mengkonfigurasi network yang digunakan. Karena disini saya mencoba dengan static IP , karena tidak adanya DHCP server , maka tanda bintangnya tidak di centang dengan cara spasi pada pilihan " Use DHCP" . lalu isikan IP yang akan kita gunakan . Seperti di bawah ini , lalu klick OK .
  7. Lalu Klik Save pada beberapa menu berikutnya sebagai tanda penyelesaian setting pada Briker.


  8.  Setelah itu ketik "ifup eth0" untuk menjadikan eth0 menjadi priority . lalu restart network dengan perintah " /etc/init.d/network restart " . 
  9.  Lalu kita cek apakah berhasil merubah IPnya dengan perintah " ifconfig ". seperti di bawah ini
  10.  Ok selanjutnya kita samakan IP komputer kita dengan IP server VOIP , masuk ke Control Panel>Network and Internet>Network Connections , lalu pilih driver yang di gunakan , jika menggunakan lan pilih Local Area Connection , karena saya menggunakan virtual box maka saya pilih " Virtual Box Host-Only Network" , lalu klick kanan pada device yang kita pilih , dan pilih Propertise > internet protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klick Propertis , dan disini kita samakan class IP komputer dengan IP Server VOIP , Seperti di bawah ini .
  11.  Jika sudah , Coba ping IP server , jika berhasil kita masuk ke tahap selanjutnya . Masuk ke Browser lalu ketikan IP Server VOIP . maka akan keluar tampilan login , isikan user : administrator dan password : Briker ( B besar)
  12.  Berikut adalah tampilan saat masuk ke menu Briker.
  13.  Untuk Membuat extension pada IPPBX, maka masuk ke menu IPPBX Administration seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah ini.
  14.  Selanjutnya yaitu kita membuat user extension. Pada percobaan ini saya menggunakan user extension yaitu 143 & 314 display name nya adalah kocakcicak, seperti pada gambar dibawah ini. Pada SIP alias 143 adalah ican, ikuti seperti gambar di bawah ini .

     
  15.  dan lakukan pembuatan user seperti tadi berulangkali . (terserah anda sampai berapa kali)
  16.  Oke , kita Test dengan menggunakan 3CXPhone atau applikasi lainya , ini applikasi juga ada di android . buka 3CXPhone , lalu ikuti tahap di bawah ini 
  17. Lalu pilih Account
  18. Dan Isikan Nomor extension , password , dan IP server , seperti di bawah ini.
  19. Setelah itu klick OK . Jika Tulisanya On Hook maka Kita berhasil terhubung ke Server VOIP.
  20. Jika ingin menguji , kita dapat menggunakan Komputer 1 lagi atau android , tetapi saya kali ini menggunakan wind xp di virtual box.
  21. Masuk ke xp di virtual box . lalu kita seting IP seperti tadi ,Dan isikan seperti IP server , harus sekelas jika tidak tidak akan nyambung , contoh seperti di bawah ini .
  22. Lalu buka 3CXPhone yang di XP , dan isikan No extension , password dan IP server VOIP seperti tadi .
  23.  oke Sekarang kita coba telp dari XP ke komputer , tekan saja nomor extension komputer yang akan kita tuju . seperti di bawah ini .
  24. Dan jika ada telfone masuk akan tampil seperti ini , pilih saja yg warna hijau untuk menerima .
  25. OKE kita sekarang berhasil Menginstall dan konfigurasi Briker , Selamat anda bisa menelfon sepuasnya jika masuk ke 1 jaringan yang sama yang terintegrasi dengan server VOIP tadi :)
  26. Oke Selesai :) Selamat Mencoba :) , Jika ada kesulitan atau ada yang tidak di mengerti tolong tinggalkan Comentar , dan tolong berikan saran yang membangun :)
    Terimakasih :)
    Regard : Maulana Ikhsan , Videonya Klick Disini


Untuk Penjelasan Dan video instalasi Klick Disini

      Posting Komentar

      Taufik mengatakan... 06/08/19, 08.14

      Selamat pagi, pak saya sudah melakukan konfigurasi d briker tpi, setelah itu untuk masuk ke ip brikernya tidak bisa,. Kira-kira masalahnya apa ya pak????

      .. Terimakasih.

       
      Top